Friday, January 9, 2015

TAHUN 2015 DANA BOS NAIK UNTUK SEMUA JENJANG PENDIDIKAN, INI DAFTAR KENAIKANNYA

Pada tahun 2015 ini, Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di seluruh jenjang pendidikan mulai SD, SMP hingga SMA/SMK dipastikan akan mengalami kenaikan.

Dijelaskan, dana BOS yang diperoleh jenjang SMA pada 2015 ini meningkat menjadi Rp 1,2 juta per siswa per tahun. Semula hanya mendapat Rp 1 juta per siswa per tahun, setara jenjang SMK.
Bahkan, untuk dana BOS jenjang SMK, jumlahnya lebih besar dibanding semua jenjang.
“Dana BOS untuk jenjang SMK jumlahnya naik menjadi Rp 1,5 juta per siswa per tahun. Sebab biaya operasional di jenjang SMK lebih besar. Selain menerima pembelajaran secara teori, ada pula praktek untuk menunjang proses tersebut,”.
Penyaluran dana BOS tersebut tehitung mulai Januari tahun ini. Namun, dikarenakan saat ini masih menjalankan tahun ajaran 2014/2015, penggunaan dana BOS tersebut harus ada penyesuaian Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (RAPBS). (*)
SMK Rp 1,2 juta naik jadi Rp 1,5 juta
SMA Rp 1 juta naik menjadi Rp 1,2 juta
SMP Rp 710 ribu naik jadi Rp 1 juta
SD Rp 580 ribu naik jadi Rp 800 ribu
Sistem Pencairan dana BOS 2015 tetap menggunakan sistem yang sudah berjalan tahun ini. Yakni dana dikirim dari pemerintah pusat ke pemerintah provinsi.

Pencairan dana BOS sendiri akan dilakukan pada awal periode. Seperti untuk periode Januari-Maret 2015 maka dana BOS akan dicairkan di awal bulan Januari. Tujuannya untuk bisa dimanfaatkan biaya operasional sekolah. Penganggaran dana BOS sendiri datanya diambil dari data dapodik 2014 ini.

Untuk pencairannya, dana BOS itu langsung dikirim ke masing-masing sekolah penerima dana BOS. Sistem ini lebih efektif dibandingkan dengan menitipkan uang dana BOS ke pemkab atau pemkot terlebih dulu.

Dari segi ketepatan waktu pencairan dana BOS sudah tidak masalah. Menurut dana BOS sudah cair pekan pertama setiap periode tiga bulanan (triwulan). Dana BOS dicairkan awal periode, supaya tidak menganggu aktivitas sekolah yang bersangkutan. Serta juga dana BOS bisa dipakai untuk membayar biaya operasional sekolah tiga bulan ke depan.

0 comments:

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com

Post a Comment

Followers