Thursday, June 20, 2013

Simulasi Digital sebagai Pengembangan KKPI SMK

Simulasi Digital sebagai Pengembangan KKPI SMK 
Mata Pelajaran “Pengelolaan Informasi” yang terdapat pada struktur kurikulum 2013 untuk Bidang Keahlian Teknoogi Informasi dan Komunikasi (yang sudah dipublish sebelumnya), rencananya akan digantikan oleh Mata PelajaranSimulasi Digital, dengan bobot waktu yang sama. Sedangkan untuk jurusan selain TIK, jam untuk mata pelajaran ini akan dipecahkan dari mata pelajaran tertentu yang memiliki jumlah jam yang relatif ‘gemuk’.
Mata pelajaran Simulasi digital ini rencananya pada awal penerapan Kurikulum 2013 wajib diterapkan kepada seluruh SMK Invest. Dan para guru yang akan mengajar mata pelajaran Simulasi Digital ini adalah mantan Guru KKPI yang telah memiliki sertifikat kompetensi Simulasi digital.
Maka, sebelum diterapkan mata pelajaran Simulasi Digital ini, para guruSimulasi Digital (mantan guru KKPI) akan dilatih oleh master trainer melalui ICT Center di tiap kabupaten. Dan setelah pelatihan, guru Simulasi Digital akan diuji (test) untuk mendapatkan sertifikat tersebut.
Selanjutnya, adalah tugas peserta workshop untuk menentukan konten dari mata pelajaran ini.
Maka, berdasarkan diskusi dengan beberapa pihak industri pada hari sebelumnya, dan dengan melihat perkembangan teknologi dan kebutuhan tenaga kerja berdasarkan kompetensi yang dibutuhkan pihak industri saat ini, maka kami merumuskan beberapa konten materi Simulasi Digital sebagai berikut :
Pembelajaran Kolaboratif
Digital Book
Komunikasi dan Interaksi online
Video Editing
Simulasi Visual
5 kompetensi dasar di atas, selanjutnya kami kembangkan ke dalam beberapa Kompetensi dasar, sebagai berikut :

Setelah mengembangkan kompetensi dasar, kemudian membuat rancangan rencana pelatihan untuk master trainer yang akan melakukan kegiatan pelatihan bagi guru Simulasi Digital. Pelatihan master trainer ini akan dilakukan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan bekerja sama dengan SEAMOLEC.

0 comments:

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com

Post a Comment

Followers